Indonesia-Latvia Punya Tujuan Sama untuk Capai Perdamaian dan Stabilitas Global

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 03:45 WIB
Indonesia-Latvia punya nilai sama (Foto/Kemenlu)
Indonesia-Latvia punya nilai sama (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Latvia, H.E. Baiba Braže di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri Luar Negeri membahas berbagai isu penting terkait kerjasama bilateral di bidang politik, ekonomi, dan budaya, serta pertukaran pandangan mengenai situasi regional dan global terkini.

“Latvia adalah salah satu mitra dagang kita yang paling besar di Kawasan Baltik", kata Retno. 

Perdagangan Indonesia-Latvia tercatat mencapai USD 83,4 juta pada tahun 2023, meningkat 2,74 persen dari tahun sebelumnya.

“Meskipun secara geografis Indonesia dan Latvia terpisah oleh jarak, tapi kita memiliki nilai-nilai dan aspirasi yang sama untuk perdamaian dan stabilitas global, serta kemakmuran kedua bangsa kita", ujar Retno.

Dalam pernyataan pers bersama, Menteri Luar Negeri sampaikan beberapa poin,

Pertama, di bidang kerja sama antar pemerintah. Kedua Menlu membahas pentingnya melakukan penguatan dan pelembagaan kerja sama antar government-to-government, termasuk antar parlemen kedua negara. Menlu RI menyampaikan bahwa kerja sama antar perlemen ini sangat penting dan menyambut baik dilembagakannya kerja sama antar parlemen kedua negara.

Kedua, di bidang kerja sama ekonomi. Untuk semakin meningkatkan perdagangan kedua negara, kedua Menlu sepakat mengenai pentingnya penyelesaian segera negosiasi Indonesia-EU CEPA.

Retno juga menyambut baik dilakukannya pembaruan MoU antar KADIN dan Kamar dagang Latvia, dan berharap interaksi bisnis dapat terus ditingkatkan, khususnya di bidang ekonomi hijau dan pariwisata yang berkelanjutan.

Ketiga, di bidang kerja sama Pendidikan, budaya dan iptek. Menlu RI menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjajaki kerja sama di bidang Pendidikan khususnya untuk kerja sama riset antar negara. Menlu juga berharap agar Latvia dapat mempermudah visa studi untuk mahasiswa/i yang akan menempuh pendidikan di Latvia.

Indonesia dan Latvia juga terus memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dan budaya. Potensi kolaborasi dalam riset bersama dan kerja sama antar universitas menjadi sorotan, termasuk kemudahan pengajuan aplikasi dan visa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Latvia.

Saat ini, kedua negara sedang menyelesaikan negosiasi MoU tentang Kerja Sama di Bidang Budaya, yang mencakup seni visual dan pertunjukan, museum, perpustakaan, serta warisan budaya berwujud dan tidak berwujud. Saat ini, Museum Riga Bourse Art di Latvia menampung 76 artefak budaya Indonesia, jumlah terbesar dari barang budaya Asia Tenggara yang dipamerkan di sana.

Selain isu bilateral, kedua Menlu juga bertukar pandangan tentang isu-isu global dan regional yang menjadi perhatian bersama. Kedua Menlu sepakat pentingnya penegakan hukum internasional secara konsisten dalam penanganan isu-isu global. Menlu RI menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan penuh Latvia terhadap aplikasi Indonesia untuk bergabung OECD.  
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: