Polusi Udara Bukan Hanya Isu Lingkungan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 06:30 WIB
Polusi udara Jakarta (Foto/Freepik)
Polusi udara Jakarta (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah berupaya serius dalam mengatasi dampak polusi udara terhadap kesehatan.

Budi mengatakan, sejatinya polusi udara bukan hanya isu lingkungan. Namun tetapi juga tantangan bagi sektor kesehatan karena dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

"Dampak polusi udara juga sangat mengkhawatirkan, dengan beban ekonomi mencapai sekitar 4 juta dolar AS setiap tahunnya karena biaya perawatan kesehatan dan berkurangnya produktivitas. Jumlah itu tidak hanya sekadar angka, tetapi juga memperlihatkan beban yang nyata untuk keluarga dan komunitas di Indonesia," ujarnya.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kini sudah mengintegrasikan data PM2,5 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ke dalam platform daring Satu Sehat milik Kemenkes.

Integrasi itu memberikan akses bagi masyarakat untuk memeriksa kondisi kualitas udara setiap saat, sekaligus meningkatkan kesadaran terkait aktivitas luar ruangan di wilayah dengan polusi udara tinggi.

"Kami juga meningkatkan kemampuan laboratorium kami untuk mengidentifikasi secara tepat tipe dan sumber polutan," ujar Budi dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, peralatan canggih digunakan termasuk high-volume air sampler atau pengukur polusi udara, kromatografi gas dan floresensi sinar-X yang digunakan untuk memberikan analisis yang akurat.

"Kemenkes terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait bahaya polusi udara. Kami juga sosialisasikan bagaimana setiap orang bisa melindungi diri sendiri, termasuk menggunakan masker ketika kualitas udara berada dalam kategori buruk," katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: