Ridwan Kamil Janjikan Anggaran Rp 100 Juta hingga Rp 200 Juta untuk Setiap RW di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 07 September 2024 | 13:30 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Doc. RK)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Doc. RK)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), berjanji akan memberikan anggaran ke setiap RW minimal Rp 100 hingga Rp 200 juta.

RK mengatakan anggaran ini diberikan agar tiap daerah bisa mengembangkan wilayahnya masing-masing dan tidak melulu mengandalkan pemerintah kotanya.

"Jakarta itu harus berkeadilan. Maka salah satu programnya nanti adalah memberikan anggaran minimal Rp 100 hingga Rp 200 juta untuk tiap RW. Saya sudah melakukan hal serupa di Bandung. Masa Bandung bisa, Jakarta tidak? Apa yang terjadi? RW-RW dan warganya ikut memikirkan mendesain sendiri wilayahnya," kata RK di hadapan Bamus Betawi di Jakarta Timur, dikutip Sabtu (7/9/2024).

"Coba bayangkan, terjadi perdebatan. Ini duit dari Pak Gubernur mau diapakan? Apa mengurus selokan? Apa membuat gerbang? Apa memberikan modal untuk UMKM warga RW? Silakan. Jadi, tidak semua urusan dan perintilan harus diputuskan oleh Balai Kota," tambah RK.

Tidak hanya itu, RK juga berjanji akan menaikkan gaji Ketua RT dan RW. Namun, kenaikan gaji ini harus sesuai dengan kinerja yang dievaluasi oleh kecamatan hingga provinsi.

"Jadi, RW akan mendapatkan anggaran. Gaji RW-RT juga akan kita naikkan, Insya Allah, dengan keadilan, tanpa menjanjikan hal yang berlebihan. Ini akan disupervisi oleh orang berilmu di level kecamatan dan disetujui oleh Pak Gubernur," ucap RK.

Lebih lanjut, RK membeberkan contoh nyata manfaat program ini. Di Bandung, dia meminta para RW untuk segera membeli motor triseda untuk kebersihan.

"Contoh waktu di Bandung, izin ya. Saya berikan Rp100 juta per RW. Saya bilang, pada tahun pertama, beli motor triseda dulu untuk RW-RW yang tidak memiliki motor kebersihan," ungkap RK.

Setelah membeli motor kebersihan itu, RW di Bandung akhirnya meraih penghargaan Adipura, padahal Bandung sudah lama tidak mendapatkan penghargaan tersebut.

"Jadi bersih, Pak. Menang Adipura setelah belasan tahun tidak pernah menang. Nah itu. Jadi, dengan kombinasi berkeadilan, RW-RW diberi anggaran, dibimbing oleh pemimpinnya, dan disupervisi oleh orang-orang berilmu, saya yakin lima tahun ke depan akan ada perubahan yang luar biasa," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: