Indonesia Pamerkan Teknologi Kesehatan Terdepan di Gelaran Expo Salud di Chile

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 14 September 2024 | 01:01 WIB
Indonesia Pamerkan Teknologi Kesehatan (Foto/Kemenlu)
Indonesia Pamerkan Teknologi Kesehatan (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - KBRI Santiago bersama dengan ITPC Santiago telah berpartisipasi dalam pameran Kesehatan terbesar pertama di Chile Expo Salud 2024 di Metropolitan Santiago Convention Center yang dikelola oleh Fisa.

Pameran ini mengusung tema transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan, khususnya mengenai artificial intelligence dan robotic medicine. Pemanfaatan teknologi digital dalam pelayanan kesehatan merupakan terobosan penting bagi Chile dalam menjangkau dan memberikan layanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat di ragam pelosok wilayah di Chile.

Expo Salud 2024 diikuti oleh 70 peserta pameran dari berbagai negara yang berkesempatan untuk menampilkan 240 merek produk kesehatan. Dalam partisipasinya, KBRI Santiago menghadirkan sejumlah perusahaan produsen alat medis, yaitu Oneject Indonesia, Haloni Jane, Sugih Instrumendo Abadi serta satu produsen obat herbal Indonesia, Dami Sariwana. 

Produk peralatan medis Indonesia yang dipamerkan seperti inovasi unggul jarum suntik berupa smart syringe, safe syringe dan miracle jex (needle-free injection) memiliki kualitas terbaik dan belum tersedia di Chile.

Booth Indonesia mendapat perhatian dan minat tinggi dari para pengunjung yang berasal dari instalasi kesehatan publik maupun swasta, klinik kecantikan dan importir/distributor alat kesehatan Chile yang berminat untuk memasok alat medis habis pakai seperti jarum suntik, blood tubes dan perlengkapan medis asal Indonesia dalam jumlah besar. Permintaan ini sejalan dengan upaya Pemerintah Chile dalam pembangunan dan pengadaan peralatan kesehatan untuk rumah sakit baru di beberapa wilayah Chile. 

Kesuksesan partisipasi produsen Indonesia pada Expo Salud kali ini tidak terlepas dari dukungan Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI) yang giat mendorong penetrasi pasar alat kesehatan Indonesia di kawasan Amerika Latin dan Karibia, termasuk Chile. KBRI Santiago senantiasa membuka kesempatan dan memfasilitasi para pelaku usaha di bidang alat kesehatan untuk dapat menjalin kerja sama di negara akreditasi.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: