Prakiraan Cuaca BMKG: Mayoritas Wilayah Akan Berawan dan Mengalami Hujan Ringan

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 17 September 2024 | 09:30 WIB
Prakiraan Cuaca BMKG. (BeritaNasional/Freepik)
Prakiraan Cuaca BMKG. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk potensi cuaca yang beragam di beberapa kota besar di Indonesia pada hari Selasa.

Menurut laporan BMKG yang dikutip dari laman resminya, Selasa (17/9/2024), Prakirawan Cici Sucianingsih menjelaskan bahwa daerah konvergensi saat ini memanjang di Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik Timur Filipina. Daerah konfluensi terpantau di Perairan Utara Aceh, Kepulauan Riau, dan Laut Filipina.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan di sepanjang low level jet konvergensi.

BMKG memprediksi beberapa kota besar akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang. Kota-kota yang terpengaruh meliputi Banda Aceh, Medan, Sorong, Manokwari, dan Merauke.

Beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, termasuk Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, Kupang, Tanjung Selor, Ambon, Nabire, Jayapura, dan Jayawijaya.

Sementara itu, kota-kota besar seperti Padang, Palembang, Bengkulu, Pangkal Pinang, Lampung, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Palangkaraya, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Gorontalo, Manado, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Ternate, diperkirakan hanya akan mengalami kondisi berawan hari ini.

BMKG juga memperkirakan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter. Selain itu, BMKG mengingatkan potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, dan pesisir Surabaya Barat.

Selain itu, BMKG juga mewaspadai potensi kebakaran di beberapa wilayah, termasuk sebagian besar Sumatera bagian selatan, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan beberapa bagian Papua.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: