Kelaparan, Zimbabwe Berencana Sembelih 200 Ekor Gajah untuk Dimakan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 17 September 2024 | 22:00 WIB
Zimbabwe siap sembelih gajah-gajah untuk dimakan (Foto/Pixabay)
Zimbabwe siap sembelih gajah-gajah untuk dimakan (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Zimbabwe memberlakukan kebijakan ekstrem untuk mengatasi kelaparan. Zimbabwe akan menyembelih 200 ekor gajah untuk memberi makan warganya yang tengah menghadapi kelaparan akut akibat kekeringan terparah dalam empat dekade terakhir. Hal ini diungkapkan  otoritas cagar alam Zimbabwe.

Kekeringan yang disebabkan oleh El Nino menyebabkan sejumlah negara di selatan Afrika mengalami gagal panen. Hal ini berdampak pada 68 juta orang serta mengurangi pasokan pangan di benua tersebut.

"Kami mengonfirmasi bahwa kami berencana untuk menyembelih 200 ekor gajah yang ada di seluruh negeri. Kami tengah membicarakan metode melakukannya," kata Juru Bicara Otoritas Taman dan Margasatwa Tinashe Farawo, dikutip dari Reuters.

Ia mengatakan, daging-daging gajah tersebut akan didistribusikan kepada sejumlah komunitas di Zimbabwe yang mengalami kelaparan dan terdampak kekeringan.

Penyembelihan semacam itu menjadi yang pertama di Zimbabwe sejak 1988. Proses tersebut akan berlangsung di distrik Hwange, Mbire, Tsholotsho dan Chiredzi.

Langkah tersebut mengikuti keputusan yang diambil negara tetangga, Namibia, bulan lalu yang menyembelih 83 ekor gajah dan membagikan dagingnya kepada warga yang terdampak kekeringan.

Dikutip dari VOA, Farawo mengatakan, penyembelihan gajah-gajah merupakan bagian dari upaya Zimbabwe dalam mengurangi kepadatan di taman nasionalnya yang hanya dapat menampung 55.000 ekor gajah. Zimbabwe merupakan rumah bagi lebih dari 84.000 ekor gajah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: