Pilot Susi Air Philip Mehrtens Bebas dari Sandera KKB, Susi Pudjiastuti Bersyukur

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 21 September 2024 | 12:12 WIB
Susi Pudjiastuti merespons baik kabar Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. (Foto/instagram/susipudjiastuti115).
Susi Pudjiastuti merespons baik kabar Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. (Foto/instagram/susipudjiastuti115).

BeritaNasional.com - Susi Pudjiastuti merespons baik kabar Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens berhasil dibebaskan oleh Tim Gabungan TNI-Polri yaitu Satgas Damai Cartenz 2024. Philip dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Alhamdulillah Hirobbil Alamiin mendapat kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika," ujar Susi dalam akun X-nya @susipudjiastuti, Sabtu (21/9/2024).

Susi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah berupaya membebaskan salah satu pilotnya. Apalagi, sang pilot sudah lama disandera oleh KKB.

"Allah Maha Besar dan Kasih. Terima kasih kami kepada Pemerintah Bapak Jokowi, Prabowo, Kapolri Listyo Sigit, Puspen TNI, Polri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami," tuturnya.

Sebelumnya, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 berhasil membebaskan Philip.

Ia mengatakan pihaknya mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan pilot tersebut.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal.

Menurutnya, pendekatan itu penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil, dan menjaga keselamatan Philip.

"Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: