Temui Jokowi, SBY Bercerita Dapat Tugas Jadi Penasihat Khusus Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 21 September 2024 | 15:22 WIB
SBY menemui Jokowi (Foto/Youtube Setpres)
SBY menemui Jokowi (Foto/Youtube Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (21/9/2024). 

Dalam pertemuan itu, SBY menceritakan kepada Jokowi jika ia mendapatkan penugasan sebagai penasihat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria.

"Saya menghadap Bapak Presiden sehubungan dengan peran dan amanah yang saya jalankan sebagai penasihat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria," kata SBY kepada wartawan.

SBY mengatakan, merupakan sebuah kewajiban bagi seseorang yang mendapatkan tugas internasional untuk menghadap ke Presiden.

"Saya sampaikan kepada Pak Jokowi, tugas ini penting dan saya terima karena memang ada kewajiban internasional untuk segera mengenyahkan malaria dari muka bumi karena kalau tidak akan makin menjadi-jadi," ujar SBY.

"Kita kena Covid-19 yang luar biasa kemarin, pandemi itu dan kita tidak ingin masih ada malaria yang belum bisa diatasi di seluruh dunia. Indonesia sendiri, utamanya Papua sedikit Nusa Tenggara Timur (NTT), sedikit Maluku, dan sedikit lagi di Kalimantan Timur," tambahnya.

SBY pun sekalian berpamitan akan berangkat ke New York selama satu minggu untuk menjalankan tugas ini.

"Saya pamit tadi untuk berangkat ke New York selama sekitar satu minggu untuk membahas ini," ucap SBY.

Tak hanya Jokowi, SBY pun bakal melapor kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto terkait tugas ini.

"Tentu saya juga akan melapor kepada Pak Prabowo, presiden terpilih karena tahun depan akan ada summit di Indonesia dan yang memimpin adalah Pak Prabowo sebagai Presiden tahun depan dan seterusnya begitu yang saya sampaikan," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: