Kapolri Apresiasi Tim Gabungan TNI-Polri Selamatkan Pilot Susi Air

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 21 September 2024 | 21:30 WIB
Pilot Susi Air dibebaskan (Foto/TNI)
Pilot Susi Air dibebaskan (Foto/TNI)

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi personel gabungan TNI-Polri dalam pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip.

"Atas kerja keras seluruh tim yang bertugas melaksanakan operasi, hari ini tim berhasil menyelesaikan misi dan membawa pulang sandera pilot dalam kondisi sehat," ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/24). 

Menurutnya pwmbebasan tersebut tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberi perintab langsung dalam mengupayakan pembebasan Philip.

Selain itu, dirinya juga memberi selamat kepada personel yang tergabung dalam Operasi Paro dan Damai Cartenz 2024.

"Selamat kepada seluruh anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Ops Paro dan Damai Cartenz yang telah berhasil menyelamatkan Philip," tuturnya.

Sebelumnya, Philip berhasil dibebaskan usai 1,5 tahun disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua.

Menurut Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan pilot tersebut.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal.

Menurutnya, pendekatan itu penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil, dan menjaga keselamatan Philip.

"Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024," tuturnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: