Irjen Pol Nico Afinta Pernah Jabat Kapolda di 2 Daerah sebelum Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 25 September 2024 | 15:30 WIB
Irjen Pol Nico Afinta saat dilantik sebagai Sekjen Kemenkumham. (Foto/Humas Polri)
Irjen Pol Nico Afinta saat dilantik sebagai Sekjen Kemenkumham. (Foto/Humas Polri)

BeritaNasional.com - Irjen Pol Nico Afinta resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Selasa (24/9/2024) di Graha Pengayoman, Kemenkumham, Jakarta Selatan. Dia menggantikan Andap Budhi Revianto yang kini menjabat Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham. 

“Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Nico pada Selasa (24/9/2024).

Dikutip dari Humas Polri, Nico pernah menjabat Kapolda Kalimantan Selatan dan Jawa Timur

Nico sebelumnya menjabat Kepala STIK Lemdiklat Polri. Penugasannya sebagai Sekjen Kemenkumham telah tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/IX/KEP./2024.

Pria kelahiran 30 April 1971 ini merupakan lulusan Akpol 1992 yang pernah menduduki berbagai jabatan strategis, mulai dari Kapolrestabes Medan, Dirresnarkoba dan Dirreskrimum Polda Metro Jaya, hingga Kapolda Kalimantan Selatan dan Kapolda Jawa Timur.

Dengan latar belakangnya yang kuat di kepolisian dan komitmennya terhadap integritas, Nico diharapkan mampu membawa angin segar dalam reformasi birokrasi di lingkungan Kemenkumham.

Kepemimpinannya diyakini akan memperkuat koordinasi lintas lembaga serta meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan visi menuju Indonesia yang lebih tertib dan berkeadilan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: