Erdogan Sebut Netanyahu seperti Hitler

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 26 September 2024 | 22:30 WIB
Erdogan sebut Netanyahu seperti Hitler (Foto/Freepik)
Erdogan sebut Netanyahu seperti Hitler (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak masyarakat internasional untuk menghentikan kebijakan perang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Apalagi perilaku Netanyahu sudah seperti Diktator Nazi Adolf Hitler.

"Sikap Israel sekali lagi menunjukkan betapa pentingnya masyarakat internasional untuk mengembangkan mekanisme perlindungan bagi warga sipil Palestina," kata Erdogan.

"Sama seperti Hitler dihentikan oleh aliansi kemanusiaan 70 tahun yang lalu, Netanyahu dan jaringan pembunuhannya harus dihentikan oleh aliansi kemanusiaan saat ini," kata Erdogan.

Erdogan juga menyampaikan kegembiraannya melihat perwakilan Palestina hadir di PBB, di tempat yang layak baginya di antara negara-negara anggota, usai perjuangan terjal dan panjang.

"Saya ingin langkah bersejarah ini menjadi tahap terakhir dalam perjalanan menuju keanggotaan Palestina di PBB. Saya juga mengundang negara-negara lain untuk mengakui negara Palestina sesegera mungkin dan mengambil tempat di sisi sejarah yang benar pada masa yang sangat kritis ini," kata Erdogan dikutip dari Anadolu.

Ia juga menyinggung kredibilitas PBB. Apalagi kini PBB tampak tak berdaya menghadapi sepak terjang Israel di bawah Netanyahu.

"Kita menyaksikan bahwa perdamaian dan keamanan internasional terlalu penting untuk diserahkan pada kesewenang-wenangan lima negara yang memiliki hak istimewa," tambahnya.

Erdogan telah lama mendorong reformasi PBB, sering menggunakan slogan “Dunia jauh lebih besar dari lima” merujuk pada keanggotaan Dewan Keamanan yang tidak representatif.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: