Ridwan Kamil-Suswono Siapkan Kredit Mesra: Akses Pembiayaan Tanpa Agunan untuk Warga

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 27 September 2024 | 19:48 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1 Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (Rido), memiliki program Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) yang akan diterapkan jika keduanya memenangkan Pilkada Jakarta.

Jubir Pasangan RIDO, Fahlino Sjuib, menjelaskan bahwa Kredit Mesra adalah program yang memberikan kemudahan bagi masyarakat ekonomi lemah untuk mengakses pembiayaan perbankan.

Mudahnya, program ini dibuat untuk mengurangi angka pengangguran dan memberikan akses keuangan yang lebih mudah dan dekat dengan masyarakat.

"Warga Jakarta, khususnya pelaku usaha ultra mikro perorangan yang belum bankable, bisa mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga dengan plafon maksimal Rp 5 juta dan jangka waktu pinjaman antara 6-12 bulan," kata Fahlino dalam keterangan resminya, Jumat (27/9/2024).

Untuk bisa mengakses pembiayaan ini, lanjut Fahlino, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha ultra mikro, yakni penerima harus menjadi anggota komunitas dari rumah ibadah, seperti merupakan jamaah dan masyarakat di sekitar rumah ibadah. Penerima juga wajib mengikuti dan lulus Pelatihan Kelompok Mikro (PKM).

Kredit Mesra ini sebenarnya sudah diterapkan di Jawa Barat saat Ridwan Kamil menjadi gubernur. Kala itu, program ini menjadi salah satu upaya Pemprov Jawa Barat dalam memerangi fenomena tingginya ketergantungan masyarakat pada pinjaman online (pinjol) dan rentenir.

Di Jawa Barat, Kredit Mesra dikerjasamakan dengan Bank BJB sejak 2018. Program ini pun berjalan sukses dan sudah diterapkan di empat provinsi lainnya.

"Salah satu buktinya, di akhir masa jabatan Pak Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat di tahun 2023, sebanyak 17.029 penerima dari 2.820 kelompok dari 1.955 rumah ibadah telah merasakan manfaat Kredit Mesra dengan total penyaluran sebesar Rp77,5 miliar," ungkapnya.

Fahlino optimistis program ini bisa diduplikasi lewat kerja sama dengan Bank DKI.

"Yang paling penting adalah Kredit Mesra diharapkan mampu membuka kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat di sekitar rumah ibadah untuk mendapatkan akses permodalan agar dapat mengurangi angka pengangguran dan mampu meningkatkan perekonomian yang selaras dengan keimanan dan berbasis rumah ibadah," tandas Fahlino.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: