Inisiatif Dokter Keliling Ridwan Kamil-Suswono: Begini Strateginya

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 27 September 2024 | 18:46 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -   Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil alias Kang Emil, kembali menjelaskan program Dokter Keliling yang akan dia hadirkan jika terpilih sebagai DKJ 1.

Program Dokter Keliling ini akan menghadirkan dokter untuk bertemu dan mengobati masyarakat secara langsung, mengingat banyak lansia atau orang yang kerap sulit datang ke fasilitas kesehatan.

"Ya, ada dokter keliling nanti untuk mereka yang kesulitan berobat ke puskesmas, gitu ya," kata Kang Emil kepada wartawan, dikutip Jumat (27/9/2024).

Eks Gubernur Jawa Barat itu pun berharap program ini bisa membantu masyarakat yang sulit mengakses fasilitas kesehatan. Terlebih, program ini menandakan hadirnya negara untuk rakyatnya.

"Jadi tidak selalu warga yang datang ke fasilitas negara, tapi negara mendatangi warga dengan inovasi-inovasi," ujar RK.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil-Suswono mengusung program kesehatan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di Jakarta melalui digitalisasi, peningkatan fasilitas, serta program promotif dan preventif untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan berdaya.

Untuk menghadirkan layanan kesehatan komprehensif, terdapat empat poin yang akan diusung: peningkatan kualitas fasilitas kesehatan, penguatan layanan kesehatan mental, layanan kesehatan digital dan terintegrasi (LayanSehat), serta layanan kesehatan mobile.

Dalam layanan kesehatan mobile, Ridwan Kamil ingin menghadirkan tim medis yang menggunakan kendaraan khusus, seperti ambulans kecil atau motor, yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk mengunjungi pasien di rumah mereka.

Ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa warga yang memiliki kesulitan pergerakan bisa mendapatkan pelayanan medis yang mereka butuhkan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: