Puan Terima Ketua Parlemen Papua Nugini, Perkuat Hubungan Bilateral

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 27 September 2024 | 17:20 WIB
Puan menerima kunjungan Job Pomat (Beritanasional/Elvis)
Puan menerima kunjungan Job Pomat (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kunjungan Ketua Parlemen Papua Nugini Job Pomat. Pertemuan kedua ketua itu guna memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara serta membahas potensi kerja sama ke depan.

Pertemuan ini dilakukan untuk memperkuat hubungan Indonesia dengan Papua Nugini yang merupakan negara tetangga.

"Papua Nugini merupakan mitra Indonesia yang penting terutama di Pasifik. Pertemuan ini menunjukkan diplomasi Indonesia harus seimbang, yaitu harus memperhatikan negara tetangga, kita juga di timur, dan tidak hanya memperhatikan persaingan antar negara besar," kata Puan.

"Kami sudah menandatangani MoU tentang kerja sama DPR RI dengan Parlemen Papua Nugini yang merupakan kesepakatan untuk melakukan dialog politik antar lembaga, antar parlemen kedua negara," ujar Puan.

Kedua negara dapat membahas berbagai isu terkait kepentingan kedua negara, yaitu kerja sama parlemen, kerja sama ekonomi, dan kerja sama perbatasan. 

"Kami juga berharap bahwa parlemen dapat mendukung pemerintah dalam kerja sama-kerja sama perdagangan di antara kedua negara, ikut menjaga hubungan perbatasan kedua negara, serta perlu dijaganya suasana yang selalu kondusif di antara kedua negara," tambahnya.

Kedua negara, kata Puan, sudah berkomitmen bahwa hubungan yang selama ini dijalin akan semakin ditingkatkan, ditindaklanjuti. "Beliau juga menyampaikan bahwa akan selalu melakukan kerja sama dengan baik dan hangat dengan anggota DPR yang baru."

Job Pomat, ujar Puan, juga menyampaikan akan mendukung pemerintahan yang baru. Apalagi selama ini hubungan baik Papua Nugini dengan Pemerintah Indonesia sudah terjalin dengan baik.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: