Survei: Warga Betawi Mayoritas Pilih Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 28 September 2024 | 14:45 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Elvis)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Mayoritas warga Jakarta yang berasal dari suku Betawi memilih Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta 2024. Fenomena ini terpotret dalam survei yang baru dikeluarkan oleh Poltracking Indonesia pada Sabtu (28/9/2024).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, memaparkan bahwa sebanyak 48 persen warga Betawi memilih Ridwan Kamil-Suswono, sedangkan 31,8 persen memilih Pramono Anung-Rano Karno.

Selanjutnya, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan suara sebesar 2,4 persen dari warga Betawi. Meski demikian, masih ada 17,8 persen responden yang belum menjawab atau belum mengetahui pilihan mereka.

"Peta persebaran kekuatan elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta berdasarkan suku menunjukkan bahwa suku terbesar di Daerah Khusus Jakarta, yakni Betawi, cenderung memilih pasangan Ridwan Kamil-Suswono, sebesar 44,8 persen," kata Hanta dikutip pada Sabtu (28/9/2024).

Perlu diketahui, survei ini dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Pengambilan data dilakukan pada 9-15 September 2024.

Total sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: