Survei: Ridwan Kamil-Suswono Mendominasi Pilihan Warga Betawi

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 28 September 2024 | 12:36 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, mengaku senang dengan hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia yang baru dirilis pada Jumat (27/9/2024).

Sebab, lanjut RK, diketahui bahwa warga Betawi cenderung memilih dirinya dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Yang saya bahagia juga dari suku Betawi ternyata malah memilih Rido. Jadi, artinya orang Betawi juga paham siapa yang peduli dengan budaya Betawi; mungkin itu yang mereka pilih," kata Ridwan Kamil di Jakarta Barat, Sabtu (28/9/2024).

Eks Gubernur Jawa Barat itu juga menyinggung soal elektabilitasnya yang tidak terlalu jauh dengan pasangan calon (paslon) Pramono Anung-Rano Karno.

Ridwan Kamil mengakui bahwa situasi Pilgub Jakarta sangat ketat dan akan dinamis. Oleh karena itu, dia akan terus terjun langsung bertemu dengan warga.

"Ya, saya bilang dari awal, Pilkada Jakarta akan ketat dan dinamis. Itulah kenapa ke Pak Ariza dan tim, jangan lengah. Terus sosialisasi untuk menjangkau masyarakat," ujar Kang Emil.

Eks Gubernur Jawa Barat itu juga mengungkapkan bahwa angka elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berdasarkan survei yang dia terima berada di rentang 47-57 persen.

"Berbagai survei menunjukkan rentang 47, 48, hingga 57 persen. Metodenya berbeda-beda. Tapi yang saya terima, angkanya berkisar plus minus di rentang itu," tegasnya.

Meski demikian, dia menegaskan bahwa masa kampanye masih akan berlangsung selama kurang lebih dua bulan, sehingga masih ada waktu untuk mempromosikan visi dan misinya.

"Apapun itu, masih ada dua bulan. Kelebihan survei Poltracking, kita tahu daerah mana kita kuat dan mana yang lemah," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, mayoritas warga Jakarta dari suku Betawi memilih Ridwan Kamil-Suswono dalam Pilgub Jakarta 2024. Fenomena ini terpotret dalam survei yang baru dikeluarkan oleh Poltracking Indonesia pada Sabtu (28/9/2024).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, memaparkan bahwa sebanyak 48 persen warga Betawi memilih Ridwan Kamil-Suswono, sedangkan 31,8 persen memilih Pramono Anung-Rano Karno.

Selanjutnya, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan suara dari warga Betawi sebesar 2,4 persen. Meski demikian, masih ada 17,8 persen yang belum menjawab atau belum mengetahui pilihan mereka.

"Peta persebaran kekuatan elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta berdasarkan suku. Suku terbesar di Daerah Khusus Jakarta yakni Betawi, 44,8 persen, cenderung kepada pasangan Ridwan Kamil-Suswono," kata Hanta, dikutip pada Sabtu (28/9/2024).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: