Respons RK soal Dapat Dukungan Anak Abah Versi Survei Poltracking

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 28 September 2024 | 14:29 WIB
RK dapat dukungan anak abah (Beritanasional/Lydia)
RK dapat dukungan anak abah (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) buka suara soal hasil survei Poltracking Indonesia yang menunjukkan pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres cenderung memilih dirinya di Pilgub Jakarta 2024.

Ridwan Kamil mengatakan, dia berterima kasih atas hal tersebut. Namun, dia tak ingin mengotak-ngotakan pemilihnya berdasarkan pilihan Pilpres kemarin.

"Kita enggak pilah-pilah ya. Mana pendukung siapa, daerah mana, kita terima dengan baik dan mengucapkan terima kasih," kata Ridwan Kamil di Jakarta Barat, Sabtu (28/9/2024).

Tak hanya itu, Ridwan Kamil menegaskan dirinya berfokus kepada pemilih yang belum menentukan pilihannya di Pilgub Jakarta. Pasalnya, dibutuhkan suara 50 persen untuk menang satu putaran.

"Saya lihat kan masih ada 16 persen (yang belum memilih) kalau enggak salah ya. Kita akan fokus mencari di mana kah 16 persen. Karena kan Jakarta harus lewat 50 persen plus 1," ucap Ridwan Kamil.

"Jadi mau pendukung Mas Anies atau bukan, yang penting kita akan terus mengejar 16 persen yang masih belum yakin atau memutuskan," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, pendukung Anies Baawedan-Muhaimin Iskandar alias Anak Abah di Pilpres 2024 cenderung memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub 2024.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil survei terbaru yang dikeluarkan oleh Poltracking Indonesia pada Jumat (28/9/2024) kemarin.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR memaparkan, Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan suara dari Anak Abah sebesar 45,4 persen.

Selanjutnya, Pramono Anung-Ridwan Kamil mendapatkan angka 31,2 persen. Sedangkan, Dharma Pongrekun-Kun Wardana memperoleh 6,7 persen.

Meski demikian, masih ada 16,7 persen yang memilih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Peta persebaran kekuatan elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta berdasarkan pilihan pada Pilpres 2024. Pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar cenderung kepada pasangan Ridwan Kamil-Suswono," kata Hanta, dikutip Sabtu (28/9/2024).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: