Soal Normalisasi atau Naturalisasi Sungai Ciliwung, RK: Alami Lebih Bagus

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 15:20 WIB
RK meninjau Sungai Ciliwung (Beritanasional/Lydia)
RK meninjau Sungai Ciliwung (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil menyusuri Sungai Ciliwung di kawasan Condet, Jakarta Timur pada Kamis (3/10/2024). 

Dalam kesempatan itu, dia pun sempat menerima curhatan warga Condet.

Salah satu warga bernama Iwan Anjung mengungkapkan, warga Jakarta lebih suka naturalisasi dibanding normalisasi.

Adapun naturalisasi merupakan konsep yang digagas Anies Baswedan untuk mengendalikan banjir dan menghijaukan lingkungan sekitarnya. 

Sementara itu, normalisasi sebetulnya sama dengan naturalisasi tetapi dilakukan dengan memasang beton pada sisi dan dasar sungai alias turap.

"Warga suka naturalisasi, bukan normalisasi. Mereka tidak suka kali didinding, supaya natural saja," kata Iwan kepada Ridwan Kamil.

Menanggapi itu, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa memang konsep yang natural lebih baik untuk diterapkan.

"Tidak bisa satu resep mungkin untuk semua. Kan tadi saya bilang, realistis juga idealis. Idealnya lebih banyak alami itu lebih bagus," kata Ridwan Kamil kepada wartawan.

Meski demikian, Ridwan Kamil tak menutup kemungkinan untuk melakukan cara baru, yakni dengan ilmu engineering.

"Tapi ketika alami betul-betul tidak memungkinkan, nanti kita cari secara engineering yang tetap ramah lingkungan, tapi dengan cara-cara baru seperti itu," ujar Ridwan Kamil.
 
"Kuncinya yang penting hasil akhirnya. Tidak perlu terlalu diperdebatkan metodenya. Yang penting hasil akhirnya bebas dari sampah," tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: