Sekjen PBB Minta Kekerasan di Timur Tengah Segera Dihentikan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 04 Oktober 2024 | 03:30 WIB
Sekjen PBB minta kekerasan di Timur Tengah dihentikan (Foto/X Antonio Guterres)
Sekjen PBB minta kekerasan di Timur Tengah dihentikan (Foto/X Antonio Guterres)

BeritaNasional.com - Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan, siklus mematikan dari aksi saling balas kekerasan di Timur Tengah harus segera dihentikan.

“Kita kehabisan waktu,” kata Guterres kepada DK PBB.

15 anggota DK PBB bertemu setelah Israel menewaskan pemimpin Hizbullah di Lebanon dan memulai serangan darat terhadap kelompok militan yang didukung Iran. Sementara Iran menyerang Israel dalam sebuah serangan yang meningkatkan kekhawatiran akan perang yang meluas di Timur Tengah.

“Saya kembali mengutuk dengan keras, serangan rudal besar-besaran kemarin oleh Iran ke Israel,” ujar Guterres.

Sebelumnya pada Rabu, Menteri Luar Negeri Israel mengatakan bahwa dia melarang masuknya Guterres ke negara itu, karena dia tidak secara tegas mengutuk serangan rudal Iran ke Israel.

Iran membenarkan serangan mereka ke Israel sebagai pembelaan diri, sesuai dengan pasal 51 Piagam PBB, dengan menyebut “tindakan serangan” oleh Israel melanggar kedaulatan Iran.

“Iran, dalam kepatuhan penuh terhadap prinsip-prinsip di bawah hukum kemanusiaan internasional, hanya menarget pihak militer rejim tersebut dan intalasi keamanan dengan serangan rudal pertahanannya,” kata Iran dalam pernyataan tertulis kepada DK PBB dikutip dari Antara.

Namun Duta Besar Israel untuk PBB, Danny Danon menolak klaim Iran terkait pertahanan diri itu.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: