Paparkan Visi-Misi, RK-Suswono Siap Melukis Jakarta Baru

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 20:00 WIB
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (Foto/YouTube KPUD Jakarta).
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (Foto/YouTube KPUD Jakarta).

BeritaNasional.com - Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1 Pilgub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono memaparkan visi dan misinya dalam debat pertama yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Minggu (6/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengandaikan Jakarta sebagai sebuah lukisan, Menurutnya, warga akan bersama-sama akan melukis dan mewarnai Jakarta bersama-sama dengan Ridwan Kamil-Suswono.

“Jakarta itu di masa depan kita ibaratkan sebagai lukisan di mana kami calon pemimpin dan Anda warga di Jakarta bisa turut serta untuk menggambar, melukis, dan mewarnainya,” kata Ridwan Kamil dalam pemaparannya.

Ridwan Kamil berujar, dia dipersatukan dengan Suswono oleh cita-cita membawa Jakarta yang baru usai tak lagi jadi Ibu Kota dan menjadikannya Jakarta maju.

“Nama saya Muhammad Ridwan Kamil background pendidikan saya arsitek, saya diaspora di luar negeri mendesain dan menata kota dunia. Kemudian dipanggil pulang oleh ibunda, sempat menjadi penasehat gubernur Pak Sutiyoso dan Pak Foke. Kemudian menjadi Wali Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat, kurator IKN, dan sekarang sebagai calon gubernur,” ujar Ridwan Kamil. 

“Di samping saya, orang tua yang kami cintai, namanya Pak Insinyur Suswono, seorang pendidik, seorang pengayom, dan seorang pintar dan cerdas oleh Pak SBY dijadikan menteri pertanian,” tambahnya.

Lantas, eks Gubernur Jawa Barat itu menyinggung soal lima prinsip kepemimpinan yang diberikan dari sang ibunda. Pertama, menurut Ridwan Kamil, kekuasaan bersifat sementara. 

“(Kedua) kekuasaan itu adalah ibadah, tidak untuk mencari nafkah, mencari popularitas. Kekuasaan itu harus ada manfaat anfa'uhum Linnas, kekuasaan itu harus adil kepada semua golongan, dan kekuasaan itu harus mendahulukan kaum dhuafa,” tegas Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil memaparkan program-program unggulannya terkait dengan debat pertama, yaitu Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan transformasi Jakarta menjadi Kota Global.

“Tentang generasi-Z, saya punya anak generasi-z juga. InsyaAllah anak-anak yang lagi nonton, kami sebagai orang tua akan membersamai Anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan, tentang ekspresi budaya, malam ini juga kita akan berdebat tentang perlindungan kepada perempuan, anak disabilitas, yang tentu dengan semangat harus melindungi,” ucap Ridwan Kamil.

Kemudian juga kita akan berdebat tentang transportasi publik yang harus menyeluruh harus menjangkau sehingga rasa aman, nyaman saat berkendara sebelum pulang kerumah itulah yang akan kami harapkan,” sambungnya.

Selanjutnya, terkait kelestarian budaya, Rido berjanji akan memajukan seluruh budaya di Jakarta khususnya budaya Betawi selaku kearifan lokal.

“Kemudian tata kelola pemerintahan yang sifatnya harus responsif, yang sifatnya harus adaptif, bukan soal pelayanan semata secara teknis, tapi kami ingin membangun rasa percaya dari rakyat Jakarta kepada pemerintahan barunya,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: