Kuliner Indonesia yang Mendunia, Ada Rendang dan Tempe

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 07 Oktober 2024 | 14:45 WIB
Ilustrasi kuliner Indonesia yang mendunia. (BeritaNasional/Doc. Freepik)
Ilustrasi kuliner Indonesia yang mendunia. (BeritaNasional/Doc. Freepik)

BeritaNasional.com -  Indonesia, sebuah negara kepulauan dengan warisan kuliner yang kaya, memiliki beragam makanan populer.

Makanan tradisional yang khas dari setiak daerah ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat super lezat.

Tidak heran jika berbagai makanan tradisional ini terkenal hingga ke luar Indonesia, tentu ini berkat cita rasa yang tiada duanya. Dan ini sudah terbukti dari berbagai testimoni para penikmatnya hingga ke ujung dunia.

Lantas penasaran dengan kuliner Indonesia yang mendunia? Simak ulasannya berikut ini:

Kuliner Indonesia yang Mendunia

1. Rendang

Makanan khas Indonesia asal Sumatera Barat ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia, khususnya di rumah makan Padang.

Rendang merupakan olahan daging yang dimasak bersama santan dan rempah-rempah. Proses memasak yang lama menghasilkan daging yang lembut dan bumbu yang kaya. Rendang sering disajikan dengan nasi dan berbagai hidangan pendamping, seperti sayuran atau sambal pedas.

2. Nasi Goreng

Banyak orang luar negeri yang mengenal nasi goreng sebagai makanan dari Indonesia. Hidangan lezat ini terdiri dari nasi yang digoreng dan disajikan dengan campuran bawang putih, bawang merah, cabai, kecap, dan seringkali sedikit kecap manis.

Biasanya disajikan dengan telur mata sapi, irisan mentimun, dan sedikit saus cabai. Nasi goreng adalah hidangan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahan, seperti ayam, daging sapi, udang, atau sayuran.

3. Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Meningkatnya popularitas gaya hidup sehat membuat tempe disukai karena rendah lemak dan tinggi protein. Tempe bisa diolah dengan berbagai cara, seperti tempe mendoan atau tempe orek.

4. Sate

Sate merupakan olahan daging yang ditusuk dan dimarinasi dalam campuran rempah-rempah dan saus. Jenis sate yang paling umum termasuk sate ayam, sate kambing, dan sate sapi.

Daging biasanya dipanggang di atas arang, memberikan rasa asap. Sate sering disajikan dengan saus kacang, bumbu manis, dan gurih yang sempurna untuk melengkapi daging panggang.

5. Soto

Soto memiliki beragam variasi daerah, masing-masing dengan profil rasa dan bahan uniknya. Komponen dasar soto biasanya meliputi kaldu bening, daging (ayam, daging sapi, atau kambing), sayuran (wortel, kentang, atau kol), dan mie.

Beberapa variasi, seperti Soto Ayam, menampilkan kaldu kaya yang diinfus dengan santan kelapa. Soto sering disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti bawang goreng, irisan jeruk nipis, saus cabai, dan acar.

6. Mie Goreng

Mie goreng ini biasanya dibuat dengan campuran kecap, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Sering disajikan dengan telur mata sapi, irisan mentimun, dan saus cabai. Mie goreng dapat disesuaikan dengan berbagai bahan, seperti ayam, daging sapi, udang, atau sayuran.

7. Martabak

Martabak, kuliner jalanan populer, adalah jenis pancake yang hadir dalam varian manis dan gurih. Martabak manis diisi dengan berbagai bahan, seperti cokelat, keju, atau susu kental manis.

Martabak manis memiliki beragam modifikasi rasa dan topping. Martabak telur diisi dengan telur, daging, dan sayuran. Martabak biasanya dimasak di atas pemanggang datar dan disajikan panas.

8. Gado-gado

Gado-gado, salad Indonesia yang populer, menampilkan berbagai sayuran rebus, seperti kacang panjang, bayam, dan tahu. Sayuran kemudian dicampur dengan saus kacang gurih, yang memberi hidangan rasa khasnya.

Fadia Rahma Baitullah / Magangsinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: