Ridwan Kamil Mempelajari Sejarah Jakarta dengan Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 07 Oktober 2024 | 16:12 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, berziarah ke makam Pangeran Jayakarta di Jakarta Timur pada Senin (7/10/2024).

Kedatangannya langsung disambut oleh pengurus Masjid Jami Assalafiyah, yang juga merupakan pengurus makam Pangeran Jayakarta, Ulama Raden Haji Manaf.

"Jadi, saya sebagai tuan rumah, sebagai pengurus masjid, Ketua DKM, dan pengurus makam, sudah kewajibannya menyambut tamu. Masa saya usir, kalau orang ziarah mau berdoa?" kata Ulama Raden kepada wartawan.

Raden menjelaskan kepada Ridwan Kamil bahwa Pangeran Jayakarta merupakan pahlawan yang mendirikan Jakarta.

"Saya menjelaskan ini makam pahlawan, pendiri Jakarta, dari datangnya tahun 1527 dan sampai sekarang 497. Kan HUT Kota Jakarta kan gitu, terhitungnya dari 1527, bukan terhitung dari Betawi, bukan?" jelas Raden.

"Jakarta tetap Jayakarta. Berdirinya Jakarta, adanya Jakarta adalah pendirinya, Pangeran Jayakarta Wijayakrama," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Ridwan Kamil menegaskan bahwa kedatangannya untuk mempelajari sejarah Jakarta lebih dalam lagi.

"Bagian dari mempelajari Jakarta dengan paripurna dimulai selalu dari sejarah. Pertama, sejarah dari Jakarta yang tadi, 1527, adalah salah satu titik yang termulianya adalah makam Pangeran Jayakarta," kata Ridwan Kamil.

Lantas, Ridwan Kamil berujar bahwa perjalanan Jakarta menuju kota global usai tak lagi jadi Ibu Kota pasti berkaitan dengan nasihat dari pendiri-pendiri Jakarta.

"Jadi, kita belajar kearifan hikmah apa sehingga Jakarta kota global pasti tidak akan jauh dari nasihat-nasihat para pendiri Jakarta. Kearifan lokal dan kebudayaan, termasuk pelestarian," ucap Ridwan Kamil.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: