Ridwan Kamil Ungkap Giant Sea Wall Akan Terhubung ke Proyek Nasional Prabowo

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 08 Oktober 2024 | 13:26 WIB
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat diwawancarai. (BeritaNasional/lydia)
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat diwawancarai. (BeritaNasional/lydia)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengungkapkan proyek pengendalian banjir Giant Sea Wall akan terhubung dengan proyek nasional milik Presiden Prabowo Subianto di Surabaya.

RK meyakinkan warga pesisir Jakarta bahwa proyek ini bisa menanggulangi banjir yang kerap terjadi di sana.

"Kami ikhtiarkan karena ada Giant Sea Wall 1 km dari sini sehingga warga di sini tenang, tidak ada potensi banjir luar biasa," kata RK saat blusukan di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2024).

Lebih lanjut, RK mengeklaim pembangunan proyek ini bisa selesai dalam lima tahun saat dirinya menjadi gubernur. 

Meski demikian, RK mengungkapkan proyek ini terhubung dengan tanggul laut berbentuk garuda yang akan dibangun oleh Prabowo.

"Tanggul laut kan tidak bisa menyelesaikan (banjir) full ya. Giant Sea Wall itu nanti akan jadi solusi permanen yang bikin tenang. Tanggul ini sementara agak terbatas," ujar RK.

"Dalam lima tahun (Giant Sea Wall) wilayah Jakarta kekejar tapi kalau sampai Surabaya proyek nasional butuh 15 tahun," tambah RK.

Sebagaimana diketahui, Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Hashim Djojohadikusumo membeberkan, Prabowo akan membangun tanggul laut raksasa berbentuk garuda.

Proyek ini sudah digagas Bappenas sejak 1994. Prabowo pun telah menggandeng konsultan dari Belanda untuk membangun proyek besar ini.

Tanggul ini akan dimulai dari Teluk Jakarta, Surabaya, dan Gresik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: