Transportasi Sungai Dianggap Tak Realistis, Ridwan Kamil: Tunggu Tanggal Mainnya

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 10 Oktober 2024 | 17:04 WIB
Cagub Jakarta Ridwan Kamil (helm kuning) menyusuri Sungai Ciliwung di kawasan Condet, Jakarta Timur. (BeritaNasional/HO TI Rido/Elvis Sendouw)
Cagub Jakarta Ridwan Kamil (helm kuning) menyusuri Sungai Ciliwung di kawasan Condet, Jakarta Timur. (BeritaNasional/HO TI Rido/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) merespons pernyataan pihak-pihak yang meragukan penerapan transportasi sungai alias river way.

RK mengatakan pihaknya telah memiliki kajian ilmiah penerapan tranportasi sungai itu.

Dia pun tak ragu untuk membeberkan kajiannya itu dalam waktu dekat. 

"Sudah ada studi secara ilmiah. Nanti, saya posting saja," kata RK kepada wartawan di Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Bukan hanya itu, RK menegaskan ide program tersebut juga sudah tercetus sejak era kepemimpinan Sutiyoso di Jakarta.

"Itu kan idenya dari zaman Pak Sutiyoso. Studi ilmiah sudah ada, minimal di tiga ruas (sungai), BKT, BKB, dan Ciliwung. Kalau dibilang tidak realistis, tunggu tanggal mainnya," ujar RK.

Sebelumnya, calon gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menilai river way tidak mungkin diterapkan di Jakarta. Sebab, aliran sungai di sebagian kawasan Jakarta tidak berjalan.

"Ya, saya melihat saja airnya enggak bisa jalan. Bagaimana mau river way? Kan airnya enggak bisa jalan," ucapnya seusai meninjau anak Kali Krukut, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

"Demikian untuk dikeruk, airnya tetap problem. Kondisinya beberapa daerah sudah didirikan gedung-gedung yang sudah enggak bisa lah di sini," tambahnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: