Museum Nasional Indonesia Resmi Dibuka Kembali

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 11 Oktober 2024 | 06:00 WIB
Museum Nasional Indonesia Resmi Dibuka Kembali. (Foto/Kemendikbudristek).
Museum Nasional Indonesia Resmi Dibuka Kembali. (Foto/Kemendikbudristek).

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia (MNI) pada Kamis (10/10/2024). Peresmian ini tidak hanya menandai dimulainya babak baru MNI dalam memelihara dan memperkaya warisan budaya Indonesia, tetapi juga mengukuhkan komitmen negara dalam mendukung kegiatan pendidikan dan kebudayaan.

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir menyoroti bagaimana Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional.

“Undang-Undang tersebut sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk memberikan peran strategis bagi kebudayaan nasional dalam pembangunan, sekaligus memperkuat pengelolaan museum,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Jumat (11/10/2024).

Sementara, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa Kemendikbudristek bersama seluruh pihak terkait terus bergotong royong mengupayakan renovasi dan pemulihan MNI setelah insiden kebakaran pada September 2023. 

“Renovasi yang kami lakukan tidak hanya berkenaan dengan fisik bangunan, tetapi juga gagasan Reimajinasi yang menjadi nyawa dari Indonesian Heritage Agency,” ucap Mendikbudristek.

Reimajinasi merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa warisan budaya dihormati, dilestarikan, dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, dinikmati dengan bijak oleh generasi mendatang, serta untuk memperkokoh peran Indonesia di lanskap internasional.

“Mari kita melanjutkan langkah dan upaya Reimajinasi, untuk mewujudkan ekosistem permuseuman yang tangguh dan berbudaya,” tutur Mendikbudristek.

MNI akan dibuka kembali untuk publik pada 15 Oktober 2024 dan akan menghadirkan rangkaian program-program interaktif dan edukatif yang menyenangkan.  

Tentang Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia berperan penting dalam mendefinisikan ulang cara kita memahami sejarah dan identitas Indonesia melalui budaya. Menyoroti kebesaran Nusantara sebagai pusat sumber daya dan persimpangan budaya dalam peradaban global, penyegaran narasi Museum Nasional menampilkan Indonesia sebagai bangsa yang ditempa oleh kesadaran identitas dan ketangguhan kolektif. Melepaskan diri dari cengkeraman kolonialisme.

Transformasi Museum Nasional tercermin dalam strategi untuk membaca kembali dan merestorasi koleksi, menafsirkan ulang narasi, dan merevitalisasi pengelolaan di bawah naungan Indonesian Heritage Agency. Museum Nasional Indonesia tengah menjalankan revitalisasi intensif selama tiga tahun ke depan, untuk mereimajinasikan museum sebagai ruang publik yang interaktif, kolaboratif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: