DPR Mulai Simulasi Ruangan Usai Jumlah Alat Kelengkapan Dewan Bertambah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 06:44 WIB
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tengah menyiapkan penambahan alat kelengkapan dewan (AKD) komisi menjadi 13. Salah satunya adalah mengenai kesiapan ruangan untuk komisi yang bertambah.

"Jadi ini kan masih kita mencoba simulasi, dilihat dengan kondisi juga.  kan banyak hal ya, kesiapan daripada kesekretariatan terkait dengan ruangan. kemudian juga koordinasi terus dengan pemerintahan yang baru. Berapa kementerian yang ditambah dan lain-lain," kata Wakil Ketua DPR Adies Kadir kepada wartawan, dikutip Sabtu (12/10/2024).

Saat ini DPR masih mensimulasikan bahkan sampai 14 komisi. Secepatnya DPR akan memfinalisasi jumlah komisi yang akan ditetapkan dalam waktu dekat.

"Jadi ini ada beberapa simulasi ya, mau 11 komisi simulasinya seperti apa, mau 12 komisi seperti apa, mau 13 komisi seperti apa. Bahkan simulasi mungkin kita sampai 14 komisi kita siapkan," kata Adies.

DPR akan menyelesaikan simulasi penambahan komisi pada 14 Oktober mendatang. Kemudian akan disahkan dalam rapat paripurna pada 15 Oktober.

"Jadi begitu tanggal insyaallah 20 presiden dilantik, kabinet sudah siap 21, kita juga di DPR sudah siap dengan segala alat kelengkapan Dewan," kata Adies.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: