Bagi Rata Mitra Kerja setiap Komisi, Pimpinan DPR: Jangan sampai Ada yang Gemuk!

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 09:01 WIB
Suasana ruang rapat gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).
Suasana ruang rapat gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Penambahan jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) komisi akan menimbang pemerataan mitra kerja kementerian dan lembaga. Hal ini menjadi simulasi yang tengah dilakukan DPR untuk menetapkan jumlah komisi.

"Ya, ini kan dinamika ya berkembang. jadi memang ada masukan-masukan. jadi ada semacam, kita ring-ring ya, kira-kira kalau komisi yang terlalu gemuk, misalnya kita ingin membagi itu yang diambil kementerian apa," kata Wakil Ketua DPR Adies Kadir kepada wartawan, dikutip Sabtu (12/10/2024).

"Jadi beberapa yang gemuk-gemuk itu, kita coba kita samakan agar semua komisi ini bisa merata. Jadi kita simulasikan mana-mana, itu masih simulasi-simulasi," sambungnya.

Sementara sebelumnya bocoran jumlah komisi yang beredar ada tambahan dua komisi sehingga totalnya menjadi 13. Adies mengakui hal itu sebagai bagian simulasi yang tengah dilakukan.

"Itu masih sebagian daripada simulasi-simulasi itu. jadi ada beberapa simulasi-simulasi," kata Adies.

Pada 14 Oktober mendatang, DPR akan menggelar rapat Bamus bersama pimpinan DPR dan pimpinan fraksi untuk membahas pimpinan dan anggota komisi. Kemudian 15 Oktober, DPR akan menggelar rapat paripurna penetapan AKD.

"Senin depan mungkin kita sudah bisa lakukan rapat Bamus, dilanjutkan insyallah Selasa bisa kita paripurnakan," kata Adies.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: