Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat Kenegaraan atas Permintaan Prabowo

Oleh: Bachtiarudin Alam
Minggu, 20 Oktober 2024 | 17:00 WIB
Jokowi pulang ke Solo naik pesawat kenegaraan (Foto/Youtube Sekretariat Presiden)
Jokowi pulang ke Solo naik pesawat kenegaraan (Foto/Youtube Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com - Rencana Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) menaiki pesawat komersial berubah. Dia bersama istrinya Iriana Jokowi turut menaiki pesawat kenegaraan Boeing 737-800 NG nomor registrasi A-7309 milik TNI Angkatan Udara (AU).

Ketua Umum Projo (Pro Jokowi), Budi Arie Setiadi menjelaskan perubahan rencana itu, karena permintaan dari Presiden Prabowo Subianto yang melarang Jokowi menaiki pesawat komersial.

"Nggak jadi, karena memang nggak dikasih (naik pesawat komersil), harus pakai pesawat kenegaraan, iya permintaan (Prabowo)," ucap Budi Arie kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024).

Budi Arie yang juga mengantar kepulangan Jokowi bersama istrinya sampai Bandara, dia turut mengucapkan terimakasih kepada Jokowi atas dedikasinya selama 10 tahun.

“12 Tahun ternyata cepat sekali ya, padahal waktu itu 2012 jadi baru Gubernur sekarang udah. Ternyata enggak terasa, makasih Pak Jokowi selamat bekerja Pak Prabowo-Gibran semoga Indonesia ke depan makin maju,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Ia pun akan terbang menuju kampung halamannya yang ada di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi tampak diantar oleh Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil MV3 Garuda Limousine tiba di halim sekitar 14.40 WIB. Jokowi pun disambut oleh beberapa orang yang sudah menunggunya.

Jokowi bersama sang istri Iriana Jokowi berjalan menuju pesawat TNI AU yang akan mengantarnya ke Solo. 

Lalu, terlihat Menteri-menteri era Jokowi yang hadir di Halim itu antara lain Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Ada juga, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkominfo Budi Arie Setyadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Diketahui sebelumnya, Jokowi akan terbang menggunakan pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU) untuk kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. 

Hal itu sebagaimana dikabarkan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi bahwa kepergian Jokowi nantinya akan diantar Presiden Prabowo Subianto sampai Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Presiden ke-8 rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim. Presiden ke-7 akan dilepas dengan penuh kehormatan,” ujar Hasan Nasbi kepada wartawan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: