Jutaan Warga Kuba Diselimuti Kegelapan karena Pemadaman Listrik Berkepanjangan

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 21:10 WIB
Ilustrasi mati listrik. (Foto/freepik)
Ilustrasi mati listrik. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Pemadaman listrik berkepanjangan terjadi di Kuba karena pembangkit utama mengalami kerusakan. Akibatnya, jutaan warga Kuba bertahan hidup tanpa listrik

Kerusakan pada Pembangkit Listrik Antonio Guiteras di Matanzas pada Jumat (18/10/2024) mengakibatkan sebagian besar wilayah Kuba menjadi gelap gulita.

Dilansir dari Antaranews, hingga saat ini, pihak berwenang berusaha keras untuk memulihkan aliran listrik di beberapa daerah. Salah satunya, Ibu Kota Havana.

Meski begitu, sekitar 80 persen wilayah Kuba belum dialiri dan beberapa wilayah mengalami pemadaman listrik yang berlangsung lebih dari 30 jam.

Gambar-gambar di media sosial menunjukkan Bandara Internasional Jose Marti di Havana diselimuti kegelapan.

Sementara itu, pejabat bidang energi di bawah kepemimpinan Presiden Miguel Diaz-Canel sedang mengevaluasi langkah-langkah untuk mengatasi pemadaman listrik.

Kuba sering menghadapi kekurangan listrik karena masalah pada pembangkit listrik, yang berasal dari pemeliharaan fasilitas yang tidak memadai, yang dibangun lebih dari 40 tahun lalu oleh Uni Soviet.

Kementerian Energi dan Pertambangan Kuba mengatakan negara itu mengonsumsi 8 juta ton bahan bakar setiap tahunnya, dengan hanya 3 juta ton yang bersumber dari produksi dalam negeri.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: