Naiknya Elektabilitas Pramono-Rano Akibat Popularitas Si Doel

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 24 Oktober 2024 | 18:18 WIB
Elektabilitas Pramono-Rano naik (Beritanasional/Oke Atmaja)
Elektabilitas Pramono-Rano naik (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Juru Bicara Pramono-Rano, Chico Hakim bangga atas keunggulan elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024 yang dia dukung.

Padahal, kata Chico, tingkat popularitas Pramono Anung belum mencapai 80 persen. Namun pasangan tersebut sudah bisa menyalip elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono.

"Belum dikenalnya Mas Pram saja hasil surveinya sudah menunjukkan keunggulan," ujar Chico dalam keterangannya via voice chat, Kamis (24/10/2024).

Meski demikian, ia menduga meroketnya elektabilitas pasangan tersebut turut dipengaruhi popularitas Rano Karno (Si Doel) yang sudah dikenal masyarakat.

"Ini tentu juga dibantu oleh popularitas dan realitas dari Bang Doel. Artinya ini adalah betul-betul pertarungan oleh pihak kami yang bisa disebut sebagai dwi tunggal," kata dia.

Menurut Chico, keduanya saling melengkapi baik dalam kompetensi maupun elektabilitas. Akan tetapi, dirinya memastikan pasangan Pramono-Rano tak akan jemawa terkait elektabilitas itu.

"Kami tidak akan jemawa berusaha untuk tidak lengah dan tetap fokus sesuai jalur yang telah kita tetapkan dalam bertambahnya (elektabilitas)," ucapnya.

Sebelumnya, LSI merilis hasil survei terbaru elektabilitas Pramomo-Rano yang unggul dari Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Kun.

Dalam survei tersebut, Pramono-Rano meraih elektabilitas 41,6 persen. Disusul Ridwan Kamil-Suswono di posisi kedua dengan 37,4 persen dan Dharma-Kun di posisi paling buncit dengan 6,6 persen.

Meski demikian, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, unggulnya Pramono-Rano itu masih belum signifikan, mengingat selisihnya hanya sekitar empat persen dari Ridwan Kamil-Suswono.

"Sementara margin of error survei ini kan 2,9 jadi sebetulnya secara statistik kita tidak tahu siapa yang unggul. Jadi secara statistik Pramono dengan Ridwan Kamil ini sama kuat pada saat ini," ujar Djayadi Hanan, Rabu (23/10/2024).
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: