Kata Ridwan Kamil soal Hasil Survei Poltracking Menyebut Pemilih Anies Dukung RK-Suswono

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 25 Oktober 2024 | 06:01 WIB
Pasangan calon gubernur Jakarta dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (kiri) dan Suswono (kanan). (BeritaNasional/Evis).
Pasangan calon gubernur Jakarta dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (kiri) dan Suswono (kanan). (BeritaNasional/Evis).

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyambut baik adanya temuin hasil survei Poltracking Indonesia yang menyebutkan bahwa pendukung Anies Baswedan bakal memilih pasangan calon gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono.

“Kalau hasil surveinya kurang menyenangkan, jawabannya adalah tingkatkan kegiatan kampanye,” ujar Ridwan Kamil, Kamis (24/10/2024).

“Kalau hasil survei bagus, tidak boleh lengah dan tetap kerja keras. Kerja itu kan ada blusukan, ada sapa warga, ada medsos, dan lain sebagainya,” imbuh dia

Sebelumnya diketahui, poltracking Indonesia merilis hasil survei Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, terlihat para pendukung mantan gubernur Jakarta Anies Baswedan memilih pasangan Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Suswono.

Pertama terlihat dari sebaran responden yang puas terhadap kinerja Anies di Jakarta. Dari 71,4 persen yang mengaku puas, 51,1 persennya memilih RK-Suswono sebagai calon gubernur Jakarta.

"Jadi yang puas pada Anies, 71,4 persen itu ternyata lebih banyak memilih RK-Suswono 51,1 persen. Baru disusul Pramono-Rano 38,5 persen," jelas Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda saat pemaparan survei secara daring, Kamis (24/10/2024).

Begitu juga pada pemilih Anies sebagai calon presiden 2024 di Jakarta. Dari 32 persen, 48 persennya menyatakan mendukung RK-Suswono, sementara Pramono-Rano 37,8 persen dan Dharma-Kun 5,7 persen.

Jadi, kalau tadi yang puas ke RK sama, ini pemilih presiden yang memilih Anies cenderung lebih banyak RK baru ke Pramono-Rano," jelas Hanta.

Begitu juga pada pemilih Anies-Sandi di Pilkada Jakarta 2017. Dari 34,3 persen, 54,2 persen mengaku memilih RK-Suswono, ke Pramono-Rano hanya 35,4 persen dan Dharma-Kun 3,8 persen.

"Pemilih Anies lebih ke RK-Suswono. Jadi pemilih Anies ini kecenderungannya juga sama ke RK 54,2 persen. Baru kemudian ke Pramono-Rano 35,4 persen," jelas Hanta.

Poltracking menggelar survei tatap muka dengan responden warga Jakarta pada 10-16 Oktober 2024. Survei menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sampling dengan jumlah 2000 responden. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: