Tanggapi Pramono, RK: Pemimpin Harus Berani

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 | 23:16 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (BeritaNasional/Lydia Fransisca)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (BeritaNasional/Lydia Fransisca)

BeritaNasional.com -  Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil memberikan tanggapan dari pertanyaan cagub nomor urut 3, Pramono Anung soal pembangunan Disneyland di Cikarang atau di Kepulauan Seribu.

“Tugas pemimpin adalah berimajinasi. Seburuk-buruknya pemimpin adalah hanya mengerjakan apa yang ada tanpa imajinasi. Bung Karno melahirkan Indonesia memakai daya imajinasi," ujarnya. 

Ia menjelaskan terkait Disneyland yang pernah diwacanakan saat menjabat sebagai gubernur Jawa Barat pada 2018. Rencana itu disebut belum mumpuni atau disepakati dalam aspek bisnis namun telah memiliki political will.

"Urusan Disneyland itu kadang-kadang iya dalam political will-nya, tapi bisnis deal-nya tidak masuk," ujarnya.

Tetapi menurutnya yang terpenting ada upaya untuk mewujudkannya. Bahkan, dia menilai seburuk-buruknya pemimpin adalah yang tidak mau berusaha setelah terpilih hanya duduk diam.

Terkait wacana pembangunan Disneyland di Kepulauan Seribu, kata Kang Emil, bisa  dilakukan karena kunjungan wisata di Kepulauan Seribu masih sedikit.

"Kami mengusulkan ada kawasan zona ekonomi khusus (special economic zone). Terkait hal itu saya sudah bertemu dengan beberapa pihak yang menyatakan sangat  visible," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) malam.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: