AHY soal IKN: Ekonomi Sedang Tumbuh, Proyek Besar Harus Sukses

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 23 Maret 2024 | 19:58 WIB
AHY berbicara dalam acara bukber Demokrat (Indonesiaglobe/Ahda)
AHY berbicara dalam acara bukber Demokrat (Indonesiaglobe/Ahda)

Indonesiaglobe.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan alasan mengapa kini mendukung proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Sementara, Demokrat mengkritiknya ketika proyek ini mulai diwacanakan pada sekitar Tahun 2019.

Sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), AHY sempat ditanya mengapa ada perubahan sikap.

"Saya ketika datang ke IKN dalam kapasitas sebagai menteri ATR tentunya. Ditanya wartawan, media, lho bukannya dulu AHY Demokrat mengkritisi IKN? Kenapa sekarang mengatakan harus menyukseskan IKN? Saya mengatakan, tolong dicek dengan baik," kata AHY saat Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Partai Demokrat di Four Season, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Ketika itu, Demokrat mengkritik pembangunan IKN karena punya tujuan baik. Saat direncanakan pembangunan IKN, dunia tengah dilanda pandemi Covid-19.

"Kami menyampaikan kritik dengan tujuan yang baik. Ketika itu dalam masa pasca-pandemi, kita fokus pada recovery, penyelamatan jiwa masyarakat sekaligus ekonomi rakyat," ujar AHY.

Namun, saat ini situasinya berbeda. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang baik. Proyek besar IKN ini harus bisa selesai.

"Tapi ketika situasinya sudah mulai membaik, ekonomi bisa tumbuh dengan lebih baik lagi, ya jangan sampai tidak bisa sukses proyek besar ini," kata AHY.

"Itu adalah bentuk bagaimana ketika oposisi juga menjalankan tugasnya dengan baik. Tetapi ketika diberikan peran di dalam pemerintahan, kita harus buktikan kita bisa bekerja dengan baik. Itulah jiwa ksatria Demokrat," pungkasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: