Cegah Kepadatan Kendaraan Pemudik, Menko PMK: Jangan Lama-lama di Rest Area

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 04 April 2024 | 22:07 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto/Humas Kemenko PMK).
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto/Humas Kemenko PMK).

Indonesiaglobe.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada pemudik untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pada saat singgah di rest area supaya penumpukan jumlah kendaraan dapat dihindari.

Hal itu dikatakan Muhadjir saat melakukan pengecekan jalur mudik di wilayah Jawa Tengah, di Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2024 Gerbang Tol Kalikangkung, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024). 

"Pesan saya kepada para pemudik pada kesempatan ini saya ingatkan untuk betul-betul memanfaatkan rest area sekedarnya saja jangan berlama-lama patuhi batas waktu yang telah ditentukan," ucap Muhadjir sebagaimana dalam siaran pers, Kamis (4/4/2024).

Dikatakan Muhadjir, sejauh ini berdasarkan pengamatannya persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah khususnya sudah sangat baik. Apalagi, kata dia, wilayah Jawa Tengah sebagai tumpuan arus mudik dimana nantinya para pemudik akan melewati Gerbang Tol Kalikangkung kemudian terpecah menuju ke Jawa Timur maupun ke daerah selatan Pulau Jawa seperti wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Jika penanganan mudik di wilayah Jawa Tengah ini berhasil, kita telah menyelesaikan 50 persen urusan mudik ," ujarnya

“Secara umum persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah menurut saya sudah sangat bagus. Saya mengapresiasi Polda Jateng yang telah melakukan langkah-langkah cermat," imbuh dia.

Dia menerangkan bahwa setiap rest area akan disediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, termasuk fasilitas lainnya untuk lansia dan difabel.

"Ini penting karena kita harus memberikan prioritas kepada para pengendara yang rentan termasuk ibu yg sedang menyusui, anak dan lansia serta yang difabel," ungkapnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: