Delegasi Indonesia Kunjungi India, Salah Satunya Mempelajari Skema Makan Siang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 07 April 2024 | 11:22 WIB
Delegasi Indonesia berkunjung ke India (Foto/Kedubes India)
Delegasi Indonesia berkunjung ke India (Foto/Kedubes India)

BeritaNasional.com - Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Mochammad Firman Hidayat memimpin delegasi tingkat tinggi melakukan kunjungan ke India pada tanggal 1-5 April 2024. Di sana mereka mengadakan  pertemuan ekstensif di New Delhi, Bangalore, Tuticorin, dan Chennai bersama para pejabat pemerintah, akademisi, peneliti dan pengusaha di India.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk membina kerja sama di bidang bioteknologi, inklusi digital, pertanian, dan mempelajari program makan siang sekolah gratis terbesar di dunia dengan tujuan melaksanakan program serupa untuk menyediakan makanan berkualitas kepada siswa sekolah di Indonesia.

Kunjungan sendiri diawali dengan pertemuan dengan Sekretaris Departemen Bioteknologi India Rajesh Gokhale. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan ke Institut Nasional Penelitian  Genom Tanaman (NIPGR). 

Diskusi dipusatkan pada penelitian bioteknologi, pengembangan, dan ekosistem inovasi di India. Menjajaki gagasan ini lebih lanjut di Kementerian Ilmu Pengetahuan Bumi India, kedua belah pihak berinteraksi mengenai bidang-bidang kerja sama yang potensial, seperti pengurangan sampah laut, budidaya air, bio-material, bio-fuel, dan peringatan dini gempa bumi. 

Terdapat minat yang besar di antara delegasi Indonesia terhadap  Biotechnology Industry Research Assistance Council (BIRAC) dan dampaknya terhadap  ekosistem startup bioteknologi di India.

Di Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi, New Delhi, diskusi difokuskan pada Infrastruktur Publik Digital, peta jalan India dan praktik terbaik termasuk inisiatif trinitas Jan Dhan Aadhar Mobile (JAM) India untuk inklusi dan aksesibilitas keuangan. Karena inklusi dan konektivitas digital merupakan salah satu prioritas domestik utama pemerintah Indonesia, diskusi-diskusi tersebut terbukti relevan.

Dalam kesempatan itu,  Mochammad Firman Hidayat juga memperluas visi presiden dan wakil presiden yang baru terpilih, salah satu tujuan  utama delegasi ini adalah mempelajari Skema Makan Siang di India.

Apalagi baru-baru ini, Gibran Rakabuming, Wakil Presiden terpilih dalam pertemuannya dengan Sandeep Chakravorty, Duta Besar Inda, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah, dengan mengatakan bahwa, “Mengambil contoh dari India adalah hal yang tepat, mengingat  keberhasilan nyata dari program makan siang di sekolah dan jumlah populasi negara tersebut yang relatif sebanding.”

Interaksi di Kementerian Pendidikan mengenai Skema Makan Siang dan implementasinya terus dilanjutkan. Termasuk faktor-faktor seperti logistik, nilai gizi, tantangan, peran pemerintah pusat dan negara bagian. 

Mochammad Firman Hidayat memuji program ini. Ia juga berminat untuk menerapkannya di Indonesia. “Delegasi Indonesia mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan dari tur tersebut dan berharap adanya fasilitas serupa di Indonesia dapat mensukseskan rencana makan siang di dalam negeri.”sinpo

Komentar: