Sekjen PBB Kutuk Serangan Balasan Israel kepada Iran

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 | 22:34 WIB
Ilustrasi serangan Israel ke Iran. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi serangan Israel ke Iran. (Foto: Pixabay)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres merespons serangan Israel kepada Iran yang terjadi pada Jumat (19/4) pagi.

Antonio bahkan mengutuk serangan balasan yang dilancarkan Israel itu. Dia juga meminta masyarakat dunia untuk mengurangi ketegangan agar tak semakin larut.

Hal tersebut disampaikan Antonio melalui Juru Bicara Stephane Dujarric pada Jumat setelah terjadinya serangan yang dilakukan oleh Israel terhadap Iran.

"Sekretaris Jenderal mengutuk setiap tindakan pembalasan dan mengimbau masyarakat internasional untuk bekerja sama mencegah perkembangan lebih lanjut yang dapat menimbulkan konsekuensi buruk bagi seluruh kawasan dan sekitarnya," kata Dujarric dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Antara pada Sabtu (20/4).

Sebelumnya, Israel melancarkan serangan udara terhadap Iran sebagai tanggapan atas serangan rudal dan drone Teheran pada akhir pekan, menurut laporan dari sejumlah media Iran.

Ledakan tersebut dilaporkan terjadi di dekat kota Isfahan.

Tiga pejabat Iran mengatakan kepada The New York Times bahwa sasaran serangan itu adalah pangkalan udara dekat Isfahan.

Pada Sabtu malam (13/4) lalu, Korps Garda Revolusi Islam Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel.

Serangan itu terjadi sebagai respons atas serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di ibu kota Suriah pada awal April.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: