Polda Metro Pakai Sistem Baru, Kini Surat Tilang Elektronik Dikirim lewat WA dan E-mail

Oleh: Mufit
Kamis, 02 Mei 2024 | 18:45 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas PMJ)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas PMJ)

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya bakal mengirim surat notifikasi tilang elektronik (e-TLE) melalui WhatsApp hingga e-mail kepada para pengendara yang melanggar lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menuturkan mengirim surat konfirmasi tilang kepada pengendara adalah adalah metode baru yang dilakukan pihaknya.  

"Cakra Presisi adalah sistem terbaru yang digunakan ditlantas untuk mengirimkan notifikasi tilang melalui SMS, WhatsApp, dan e-mail kepada pelanggar," tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya yang dikutip beritanasional.com pada Kamis (2/5/2024).

Latif menuturkan surat konfirmasi tilang yang dikirim lewat WhatsApp bakal dilengkapi foto hingga waktu pengendara kedapatan melakukan pelanggaran.

Pelanggar dapat membuka situs resmi https://etle-korlantas.info/id/ untuk mengecek bukti pelanggaran tersebut.

Latif menjelaskan surat tilang yang bakal dikirim tak mempunyai format APK yang dipakai untuk menipu. Dia meminta masyarakat untuk berhati-hati.

"Sistem ini bikin penegakan hukum lalu lintas jadi lebih efisien karena pemberitahuan langsung dikirimkan pada hari yang sama saat terjadinya pelanggaran lengkap dengan detailnya," tulisnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: