Catat! Ini 5 Nomor WA Ditlantas Polda Metro Jaya yang Bakal Kirimkan Bukti Surat Tilang

Oleh: Mufit
Senin, 06 Mei 2024 | 09:24 WIB
Ilustrasi tilang etle. (Foto/Freepik)
Ilustrasi tilang etle. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya mulai memberikan pengiriman surat bukti pelanggaran lalu lintas atau surat tilang elektronik kendaraan bermotor melalui nomor WhatsApp (WA). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan,  ada lima nomor WA dari Ditlantas Polda Metro yang akan mengirimkan notifikasi surat tilang ke pelanggar lalu lintas.

"Jadi kami akan mengirim surat tilang pakai WA 082333343250, 085258869001, 085258868990, 082333343249, 087817174000," kata Ade Ary kepada wartawan, dikutip Senin (6/5/2024).

Mantan Kapolres Jakarta Selatan (Jaksel) itu mengingatkan masyarakat untuk hati-hati adanya penipuan pengiriman surat tilang. Dia memastikan pengiriman surat tilang melalui WA itu tidak menggunakan jenis file Android Package Kit (APK).

"Kalau tidak hafal lima nomor tadi yang perlu diingat adalah ketika notifikasi tilang dikirimkan pasti ada kendaraan yang melanggar, jadi ditampilkan kendaraan pelanggar, terus ada WA masuk," ungkapnya. 

"Jadi kalau tidak ada dikirim dari lima nomor tadi, tidak ada mobil pelanggar, tidak ada notifikasi itu wajib hati-hati," sambungnya.

Ade Ary berharap dengan adanya kebijakan baru tersebut dapat menurunkan pelanggaran lalu lintas bagi pengendara.  Terutama roda dua.

"Dan tentunya kami juga mengimbau agar pelanggaran lalin di jalan itu harus dikurangi, karena kecelakaan itu terjadi karena adanya pelanggaran, karena ada satu pihak yang lalai atau dua pihak lalai melanggar," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya bakal mengirim surat notifikasi tilang elektronik atau e-TLE melalui Whatsapp hingga e-mail kepada para pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, hal tersebut merupakan metode baru untuk mengirim surat konfirmasi tilang kepada pengendara. 

"Sistem Cakra Presisi adalah sistem terbaru yang digunakan oleh Ditlantas untuk mengirimkan notifikasi tilang melalui SMS, Whatsapp, dan e-mail kepada pelanggar," tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya, dikutip beritanasional.com, Kamis (2/5/2024).

Latif mengatakan, surat konfirmasi tilang yang dikirim lewat Whatsapp bakal dilengkapi foto hingga waktu pengendara kedapatan melakukan pelanggaran.

Nantinya, pelanggar dapat membuka situs resmi https://etle-korlantas.info/id/ untuk mengecek bukti pelanggaran tersebut.

Ditambahkan oleh Latif, tilang yang bakal dikirim tak mempunyai format APK hang dipakai untuk menipu. Dia pun meminta masyarakat untuk berhati-hati.

"Sistem ini bikin penegakan hukum lalu lintas jadi lebih efisien karena pemberitahuan langsung dikirimkan pada hari yang sama saat terjadinya pelanggaran lengkap dengan detailnya," tulisnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: