Tinjau RSUD Baharuddin Sultra, Presiden Jokowi Bicara soal Pentingnya Pelayanan Kesehatan

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 | 13:55 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baharuddin. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baharuddin. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baharuddin, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5/2024). Jokowi bicara pentingnya dokter spesialis serta peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, utamanya untuk penyakit yang menonjol.

"Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai peninjauan, Senin (13/5/2024).

Kepala Negara menyinggung pentingnya akses ke peralatan kesehatan modern seperti CT scan, cath lab, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas.

"Oleh sebab itu, sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan," bebernya.

Selain itu, Jokowi memberikan apresiasi kepada dokter spesialis di kabupaten tersebut yang mampu mengoperasikan peralatan kesehatan. Bahkan dia juga memuji RSUD Baharuddin yang dianggapnya tata letak ruangannya sanga bagus.

"Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana," tutur Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: