SYL Minta Uang Untuk Rayakan Ulang Tahun di Rumah Dinas Rp 46 Juta

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 21 Mei 2024 | 11:36 WIB
SYL meminta uang untuk merayakan ulang tahun (Foto/Pixabay)
SYL meminta uang untuk merayakan ulang tahun (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Seskaban PPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan) Siti Munifah membeberkan adanya permintaan uang dari eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) senilai Rp 46 juta.

Dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi, Siti mengatakan uang tersebut untuk partisipasi ulang tahun SYL dan pegawai Kementan.

“(Rp 46 juta) Itu dari Biro selalu meminta untuk partisipasi,” ujar Siti di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (20/5/2024).

"Dan kami menanyakan partisipasinya untuk apa, jadi dituliskan oleh kawan-kawan sesuai dengan permintaan dari kegiatan itu," imbuhnya.

Siti mengatakan, permintaan partisipasi itu selalu terjadi tiap kali ada kegiatan yang sifatnya bukan kedinasan di rumah dinas SYL di Widya Chandra (Wican), Jakarta Selatan.


Meski diminta diisi keterangan partisipasi ulang tahun SYL dan pegawai Kementan, dirinya mengaku tak tahu apakah perayaan ulang tahun itu benar diadakan atau tidak. Ia juga mengaku tak diundang.

"Tidak semua diundang,” tuturnya.

Dalam perkara itu, jaksa KPK mendakwa SYL menerima uang senilai Rp 44,5 miliar dengan cara memeras anak buah dan direktorat di Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

Pemerasan itu diduga dilakukan SYL lewat beberapa anak buahnya. Di antaranya, eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan ajudannya Panji Harjanto.

Selain itu, ia juga memberi perintah memeras direktorat Kementan lewat eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Staf Khusus Bidang Kebijakan Imam Mujahidin Fahmid.
 sinpo

Komentar: