Soal Jatah Menteri, Demokrat Percaya Prabowo Pegang Prinsip Loyalitas

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:47 WIB
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Beritanasional/Elvis)
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Partai Demokrat mempercayai Presiden terpilih Prabowo Subianto akan bijak dalam menentukan jatah kursi menteri kepada partai-partai pendukungnya di Pilpres 2024. Demokrat yakin Prabowo akan memegang prinsip loyalitas dan kebersamaan.

"Jumlah menteri? Berapa kader Demokrat yang masuk kabinet Pak Prabowo? Tunggu Pak Prabowo, ya. Itu hak prerogatif beliau. Beliau itu sangat memegang teguh prinsip loyalitas dan kebersamaan," ujar Wasekjen DPP Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina dalam keterangannya, Sabtu (25/5/2024).

Demokrat mendukung penuh Prabowo dalam menentukan kursi menteri di pemerintahan mendatang. Jovan menilai Prabowo yang paling paham kebutuhannya.

Demokrat pun memegang komitmen bahwa mengenai jatah kursi menteri sepenuhnya diserahkan kepada Prabowo.

"Penentuan postur kabinet, pemerintahan ke depannya, kami percaya Pak Prabowo yang lebih memahami kebutuhannya. Karena itu kami mendukung penuh langkah beliau. Termasuk dalam jumlah kementerian ke depannya. Ini komitmen kami sejak bergabung memperjuangkan beliau di Pilpres 2024 lalu. Bersama-sama saat daftar, saat berjuang di pemenangan, dan mengawal pemerintahan selama lima tahun jika menang. Ini komitmen kebersamaan Demokrat dan Pak Prabowo. Ini yang disampaikan Mas Ketum kami, dan juga disampaikan secara berkali-kali oleh Pak Prabowo sendiri," ujar Jovan.

Ditambah lagi, Demokrat yakin Prabowo akan melibatkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika membahas mengenai pembagian jatah kursi menteri.

"Dalam diskusinya, seperti yang disampaikan Ketum kami, Mas AHY, kita selalu dilibatkan. Kami merasa sangat senang karena beliau (Prabowo) selalu mengajak berdiskusi dengan baik. Membahas tentang ekonomi bagaimana ke depan, hubungan internasional bagaimana, pembangunan infrastruktur, termasuk juga kesejahteraan rakyat, sumber daya manusia dan sebagainya," ujar Jovan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: