Novel Baswedan Singgung Krisis KPK, Bakal Calonkan Diri Jadi Pimpinan Lembaga Antirasuah

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 28 Mei 2024 | 18:29 WIB
Eks penyidik KPK Novel Baswedan. (BeritaNasional/Panji Septo)
Eks penyidik KPK Novel Baswedan. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku prihatin dengan lembaga antirasuah yang sedang mengalami krisis kepemimpinan.

Karena itu, dirinya bersama para mantan pegawai lembaga antirasuah yang tergabung dalam IM57 mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia pimpinan KPK.

“Kami tentu paham bagaimana kondisi KPK hari ini. Karena kami semua prihatin atas masalah itu. Bahkan, permasalahannya justru di level pimpinan KPK,” ujar Novel di MK, Selasa (28/5/2024).

Dia berharap aturan soal batas usia ini bisa dikembalikan kepada undang-undang yang lama agar masyarakat bisa lebih banyak lagi berkontribusi untuk mendukung KPK.

“Dengan ikut dalam kontestasi menjadi calon pimpinan KPK. Tentunya saya dan kawan-kawan juga akan ikut dalam proses ini,” tuturnya.

Dia berharap KPK menjadi lebih kuat dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia membaik. Dirinya mengeklaim hal tersebut dilakukan untuk kepentingan negara. 

Novel menegaskan pimpinan KPK juga harus paham dengan permasalahan yang ada di lembaga antirasuah. 

“Tentunya harapan kita semua agar terpilih pimpinan KPK yang berintegritas dan punya pengalaman. tentunya akan sangat baik apabila ikut dalam proses pemilihan pimpinan KPK,” katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: