Wapres Ma'ruf Amin Berharap Layanan Fast Track Haji Ditambah

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 01 Juni 2024 | 19:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Wapres Makruf Amin)
Wapres Ma'ruf Amin dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Wapres Makruf Amin)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau layanan fast track haji “Mecca Route” di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Solo, pada Jumat (31/05/2024) kemarin.

Dalam tinjauan itu, Ma'ruf mengapresiasi pemerintah Arab Saudi karena telah memberi perlakuan istimewa kepada Indonesia karena memiliki tiga pelayanan fast track haji.

“Satu-satunya negara yang dapat tiga tempat, tiga embarkasi, itu Indonesia. Ini perlakuan istimewa dari pemerintah Saudi Arabia, dari sana diberi tiga, Jakarta, Surabaya, dan Solo, itu hanya Indonesia. Ini karena hubungan Indonesia dengan Saudi Arabia yang begitu akrab, dan begitu mesra, sehingga kita diberi (perlakuan) istimewa,” kata Ma'ruf dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (1/6/2024).

Meski demikian, Ma'ruf berharap agar fasilitas fast track ini dapat diperluas ke lebih banyak bandara di Indonesia pada tahun mendatang.

“Kita harapkan nanti tahun depan itu bukan hanya tiga airport (embarkasi), bisa ditambah lagi,” ujar Ma'ruf.

Lebih lanjut, Ma'ruf menilai bahwa fast track ini memberi keuntungan seperti lebih cepatnya pemeriksaan jamaah haji karena dilakukan di Indonesia.

Sebab, hal tersebut dapat mengurangi kelelahan yang biasanya dialami jamaah saat tiba di Jeddah, Arab Saudi. Mengingat proses pemeriksaan biasanya memakan waktu lima jam di Jeddah dan kini hanya berdurasi lima menit di Indonesia.

“Kalau diperiksa di Jeddah, selain lelah setelah 13 jam (atau) setelah 9 jam (penerbangan) ke sana, kemudian diperiksa 5 jam, antri itu. Tapi di sini hanya memakan waktu 5 menit paling lama. Bayangin, kemudahan ini luar biasa ini,” ungkap Ma'ruf.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: