Joe Biden Duga Netanyahu Perpanjang Perang Gaza Demi Keselamatan Politiknya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 05 Juni 2024 | 19:00 WIB
Netanyahu dalam sebuah kesempatan (Foto/PMO)
Netanyahu dalam sebuah kesempatan (Foto/PMO)

BeritaNasional.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kini semakin kritis terhadap perilaku Israel dalam perangnya melawan militan Hamas di Gaza. Apalagi banyak warga Gaza tak berdosa menjadi korban kejahatan Israel.

Biden dalam wawancara terbaru mengatakan, ia meyakini bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memperpanjang konflik tersebut demi menyelamatkan dirinya secara politis.

Namun ketika ditanya pada Selasa (4/6/2024) apakah Netanyahu memainkan politik dalam perang yang saat ini berlangsung, Biden tampak menarik kembali pernyataannya, dan mengatakan kepada wartawan, "Saya tidak berpikir begitu."

Seiring peperangan yang berlangsung selama hampir delapan bulan, pemimpin Israel itu menghadapi tuntutan yang saling bertentangan, baik dari Biden maupun para pemimpin dunia lainnya, untuk mengakhiri konflik tersebut.

Sementara anggota parlemen sayap kanan Israel mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan dukungan untuk Netanyahu dan menggulingkan pemerintahannya jika dia menyetujui gencatan senjata tanpa menghapus sisa-sisa kekuasaan Hamas di Gaza.

Hamas mengatakan, mereka tidak dapat menyetujui kesepakatan apa pun kecuali Israel membuat komitmen yang jelas terhadap gencatan senjata permanen, serta penarikan pasukan Israel secara menyeluruh dari Gaza.

Dikutip dari  VOA, Netanyahu kerap mengatakan bahwa pasukan Israel tidak akan meninggalkan Gaza tanpa menyingkirkan semua elemen Hamas dari wilayah tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: