Perludem Sebut Calon Independen Pilkada 2024 Paling Sedikit, Ini Penyebabnya

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 05 Juni 2024 | 15:28 WIB
Ilustrasi Pilkada 2024. (Foto/Freepik).
Ilustrasi Pilkada 2024. (Foto/Freepik).

BeritaNasional.com - Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, Pilkada 2024 menjadi tahun yang calon independennya paling sedikit.

"Ini adalah tahun terendah calon perseorangan maju di Pilkada," kata Titi saat menjadi narasumber di seminar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Titi mengatakan, hal ini diakibatkan karena masyarakat Indonesia mengalami kelelahan usai pesta demokrasi di Pemilu 2024 kemarin.

"Nah saya menilai bahwa kita ini masih berada di tengah situasi kelelahan politik dan kelelahan pemilih, political fatigue dan voters fatigue. Pemilihnya masih capek nih oleh Pemilu tapi dipaksa untuk bergegas langsung ke Pilkada," ujar Titi.

Akibat dari kelelahan itu, lanjut Titi, tokoh politik juga mengalami kelelahan sehingga tak mampu menyerahkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

"Calon perseorangan itu jumlahnya menurun karena ternyata jangan-jangan aktor politik itu belum pulih dari praktik politik Pemilu lalu, tiba-tiba sudah dibuka pengumuman penyerahan syarat bakal calon perseorangan," jelas Titi. 

Oleh karena itu, hal ini juga membuat masyarakat tak maksimal mengawal tahapan-tahapan Pilkada.

"Nah dampaknya adalah pemilih mungkin tidak optimal mengawal persiapan tahapan Pilkada apalagi untuk bisa fokus pada politik gagasan, program ataupun rekam jejak peserta pemilihan," tandas Titi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: