Cari Harun Masiku 4 Tahun, KPK: Menyerahkan Diri Lebih Baik

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 13 Juni 2024 | 13:15 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan terus mencari keberadaan buron tersangka suap eks caleg PDIP Harun Masiku selama empat tahun terakhir. 

Menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, pihaknya sudah mengerahkan tenaga untuk mencari buron tersebut. Dia menolak dianggap tak melakukan pencarian.

"Yang jelas, penyidik berusaha mencari yang bersangkutan. Kan sudah empat tahun. Empat tahun itu bukan berarti tidak kami cari,” ujarnya di Gedung Merah Putih KPK yang dikutip pada Kamis (13/6/2024).

Selain mencari di dalam negeri, Alex mengatakan pihaknya juga diterbangkan ke dua negara untuk mencari Harun Masiku. Di antaranya, Malaysia dan Filipina.

"Beberapa informasi misalnya terhadap keberadaan yang bersangkutan, waktu itu di Filipina kami kirim tim ke Filipina,” tuturnya.

“Ada informasi katanya yang bersangkutan jadi marbut masjid di Malaysia. Kami kirim tim ke sana. Artinya apa? Selama empat tahun ini sebetulnya kami tetap mencari," imbuhnya. 

Alex menegaskan pihaknya tak akan berhenti memburu Harun Masiku. Namun, dia juga berharap buron tersebut dengan sukarela menyerahkan diri. 

“Ya, syukur-syukur kalau yang bersangkutan ini pada kesempatan ini mungkin dengar dan dengan sukarela kemudian menyerahkan diri, kan itu lebih baik lagi," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: