P3S Yakin KPK Bisa Tangkap Harun Masiku dan Aktor yang Menyembunyikannya

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 13 Juni 2024 | 20:15 WIB
Harun Masiku/RRI.co.id
Harun Masiku/RRI.co.id

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menangkap buronan kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku dalam waktu dekat.

Jerry meyakini hal tersebut lantaran Wakil Ketua KPK Alexander Marwata berharap buronan tersebut bisa ditangkap usai memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Saya kira KPK akan menemukan keberadaan Harun Masiku dan pihak yang menutupi atau menyembunyikannya segera terungkap,” ujar Jerry kepada Beritanasional.com, Kamis (13/6/2024).

Menurut Jerry, langkah yang diambil tim penyidik KPK sudah tepat dalam menyita handphone Hasto guna menelusuri informasi lebih jauh tentang keberadaan Harun Masiku.

“Tindakan KPK menyita handphone Hasto bisa jadi merupakan upaya menemukan Harun Masiku. Selain itu, penyitaan tersebut juga sudah dijamin undang-undang,” tuturnya.

Ia juga meyakini ada banyak aktor KPU yang terungkap dalam kasus penyuapan tersebut jika Harun Masiku tertangkap.

“Karena sempat melibatkan salah satu petinggi KPU. Pastinya bakal terbongkar jika Harun Masiku tertangkap,” kata dia.

Sebelumnya, Alex percaya diri penyidik KPK bisa menangkap tersangka kasus suap Harun Masiku dalam waktu satu pekan mendatang karena lembaga antirasuah sudah mengetahui posisi Harun.

"Mudah-mudahan, dalam satu minggu ketangkep. Mudah-mudahan," kata Alex di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Alex memastikan penyidik KPK sudah mengantongi lokasi Harun Masiku. Meski demikian, dirinya tidak mengungkap di mana posisinya saat ini.

"Saya pikir sudah penyidik," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: