Kaesang Bantah Kabar Jokowi Sodorkan Namanya ke Partai untuk Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 29 Juni 2024 | 12:00 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep membantah isu Presiden Joko Widodo menawarkan dirinya ke partai-partai politik untuk diusung di Pilgub Jakarta. Kaesang mengatakan, hal itu merupakan sebuah kebohongan publik.

"Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan kepada publik," ujar Kaesang dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu (29/6/2024).

Putra Presiden Joko Widodo ini menegaskan partai punya kemandirian untuk mencalonkan gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024. PSI pun punya kursi untuk mencalonkan.

"PSI kan punya kursi di Jakarta, lumayan ada delapan kursi. Banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI. Pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI, ya enggak apa-apa juga," kata Kaesang.

Terlebih, Kaesang sebagai ketua umum partai punya kewenangan untuk menetapkan siapa yang akan diusung PSI di Pilkada Jakarta.

"Sebagai Ketua Umum saya berwenang penuh menentukan siapa yang akan dicalonkan oleh PSI. Kewenangan itu semua ada di Ketua Umum kok, jadi kita tunggu saja. jangan bawa-bawa Presiden lah, yang ketua umum kan saya!" tegas Kaesang.

"Kompetisi pilkada ini sebaiknya dijauhkan dari penyebaran berita bohong, itu merugikan masyarakat. Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masyarakat kita sudah cerdas," tandasnya.

Sebelumnya, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi menyebutkan Presiden Jokowi menawarkan putranya, Kaesang Pangarep, kepada partai-partai koalisi pendukungnya agar diusung di Pilkada Jakarta.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: