Wakil Ketua KPK: Saya Gagal Memberantas Korupsi

Oleh: Panji Septo R
Senin, 01 Juli 2024 | 16:17 WIB
Rapat kerja komisi III dengan KPK bahas evaluasi kinerja KPK . (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Rapat kerja komisi III dengan KPK bahas evaluasi kinerja KPK . (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengaku lembaga yang dipimpinnya tidak berhasil dalam memberantas korupsi.

Dirinya mengakui telah gagal meski sudah delapan tahun bekerja di lembaga antirasuah untuk menghadapi pihak-pihak yang hendak merugikan negara.

“Saya tidak akan sungkan-sungkan, saya gagal memberantas korupsi, Bapak Ibu sekalian, gagal," ujar Alex dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, Senin (1/7/2024).

Ia juga mengungkap salah satu masalah yang dihadapi dalam memberantas korupsi di tanah air, yakni koordinasi antar lembaga.

“Saya khawatir, Bapak Ibu sekalian, dengan mekanisme seperti ini, saya terus terang ya, tidak yakin kita akan berhasil memberantas korupsi," tuturnya.

Alex menyatakan masih ada ego sektoral dalam koordinasi antar lembaga. Menurutnya, KPK sering mengalami kesulitan dalam menangani kasus yang melibatkan lembaga lain.

Dirinya menilai persoalan-persoalan tersebut akan menjadi masalah dalam pemberantasan korupsi ke depan jika tidak segera diatasi.

"Ego sektoral masih ada, misalnya jika kami menangkap jaksa. Tiba-tiba dari pihak kejaksaan menutup pintu koordinasi supervisi, mungkin juga dengan kepolisian demikian," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: