Hasil Survei: Hanya Raffi Ahmad yang Bisa Kalahkan Popularitas Kaesang di Jawa Tengah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 07 Juli 2024 | 18:45 WIB
Raffi Ahmad (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming (kiri). (Foto/instagram/raffinagita1717).
Raffi Ahmad (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming (kiri). (Foto/instagram/raffinagita1717).

BeritaNasional.com - Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait pemilihan gubernur Jawa Tengah 2024. Bila dilihat daerah popularitas tokoh, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memiliki popularitas yang tinggi.

Namun, Kaesang masih dikalahkan secara tipis oleh Raffi Ahmad dari segi popularitas.

Pada survei Juni 2024, popularitas Kaesang mencapai angka 84,8 persen, sementara tingkat kedisukaannya mencapai 79,2 persen.

Sedangkan, Raffi Ahmad memiliki tingkat popularitas mencapai 85,5 persen, dengan tingkat kedisukaan 73,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, faktor popularitas ini juga menjelaskan mengapa tingkat elektabilitas Kaesang sebagai calon gubernur di Jawa Tengah cukup tinggi.

"Faktor popularitas ini krusial. ini yang menjelaskan mengapa Kaesang sementara ini unggul karena popularitas Kaesang sangat tinggi, hampir 85 persen. Hanya satu nama yang menandingi kedikenalan Kaesang di Jawa Tengah. Namanya Raffi Ahmad," ujarnya saat pemaparan survei, Minggu (7/7/2024).

"Wajar, karena Raffi Ahmad ini artis, dari sebelum sahur sampai mau tidur ada dia terus di TV," sambung Burhanuddin.

Raffi Ahmad meski popularitas tinggi, elektabilitas sebagai calon gubernur masih rendah. Burhanuddin mengatakan, alasannya Raffi Ahmad masih dianggap tidak pas menjadi calon kepala daerah. Raffi citranya kuat sebagai selebriti.

"Kenapa Raffi popularitas tinggi elektabilitasnya rendah? mungkin karena Raffi dianggap tidak pas menjadi calon kepala daerah. Karena dia selama ini brandingnya sebagai selebritis," ujar Burhanuddin.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei tatap muka pada periode 10-17 Juni 2024. Jumlah responden sebanyak 800 responden dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Responden diambil melalui metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sebesar kuranb lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: